Sabtu, 31 Juli 2010

Prosesor Baru Gunakan Hisapan dan Tiupan

Sebuah teknologi prosesor baru yang unik telah dikembangkan. Bukannya menggunakan listrik, prosesor ini bekerja dengan prinsip hisapan dan tiupan angin.

Prosesor tersebut dikembangkan oleh dua peneliti, Minsoung Rhee dan Mark Burns, dari University of Michigan, Ann Arbor. prosesor itu menggunakan katup dan tabung udara untuk bekerja.

Seperti umumnya sistem komputer, prosesor ini memanfaatkan sistem binear dalam bekerja. Setiap hisapan udara dari dalam tabung akan menghasilkan angka 0, sedangkan tiupan yang memasukkan udara kembali ke dalam tabung akan menghasilkan angka 1.

Mikroprosesor yang dikembangkan oleh kedua peneliti itu bekerja pada tingkat 8-bit, bandingkan dengan prosesor 32-bit atau 64-bit yang saat ini lazim digunakan. Prosesor 8-bit dalam produk komersial bisa dilihat pada konsol game Nintendo Entertainment System yang marak di tahun 1980-an.

Meski baru berhasil dikembangkan pada tingkat laboratorium, kedua peneliti menilai ada banyak potensi penerapan teknologi prosesor berbasis angin ini. Salah satunya adalah untuk perangkat yang digunakan pada daerah terpencil yang tidak memiliki listrik.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Prosesor Baru Gunakan Hisapan dan Tiupan"

Zacky Surroye mengatakan...

hemmm, teknologi baru,,
siip
salam kenall

Posting Komentar